Kota Terunik di Dunia

Kota Terunik di Dunia

Kota Terunik di Dunia tidak cuma masalah identitas dan sisi persyaratan administrasi. Karena, kota selalu datang menyisipkan daya magnetnya.

Dimulai dari kontur alam, riwayat, rutinitas dan tradisi warga yang tinggal didalamnya jadi magnet tertentu untuk pelancong.

Kota Terunik di Dunia, dari Gunakan Masker Seumur Hidup Sampai Surga Penjahat

Menariknya, dari demikian banyak kota yang unik itu, ada yang sampai mendapatkan predikat aneh karena bermacam argumen, lho.

Baca Juga: Kota Paling Aneh di Dunia

Ada yang mengharuskan warganya menggunakan masker gas sepanjang umur, sampai ditempati cuman oleh golongan udara saja.

Digabungkan dari bermacam sumber, berikut kumparan kumpulkan tujuh kota terunik di dunia.

Setenil de las Bodegas, Spanyol Kota Terunik di Dunia

Salah satunya kota di negeri Matador ini dibuat di bawah tebing. Ialah Setenil de las Bodegas, sebuah kota kecil yang ada di teritori selatan Spanyol. Kota ini berada di Propinsi Cadiz, wilayah otonomi Andalusia.

Setenil de las Bodegas dibuat di tengah-tengah tebing batu basalt, kerenanya kota ini disebut sebagai ‘kota yang tertekan batu’. Warga kota Setenil de las Bodegas sudah menetap di kota ini semenjak jaman Kekhalifahan Almohad pada era keduabelas.

Jika dicari semenjak jaman manusia gua, karena itu diprediksi manusia sudah tinggal di Setenil lebih dari 25 ribu tahun kemarin. Sayang, banyak bukti kehidupan yang sekarang sudah terhapus.

Bahkan juga beritanya, pada era pertama masehi, Setenil de las Bodegas pernah ditempati Pasukan Roma saat periode agresi. Saat itu, saat ditempati bangsa Moor (warga Arab yang kuasai dan tinggal di Spanyol), teritori ini jadi sebagai benteng.

Tetapi, saat pasukan Katolik dari Spanyol sukses serang dan menggantikan, teritori tebing jadi permukiman untuk warga biasa. Tidak ada kembali benteng perang, tinggal permukiman untuk warga di tempat.

Nama Setenil berawal dari frasa Latin Romawi, yaitu “Septem Kosong” atau “Seven Times No”. Frasa ini peluang mempunyai keterikatan dengan agresi yang dilaksanakan bangsa Roma di masa lampau.

Neft Daslari, Azerbaijan

Di tengah-tengah Laut Kaspia, persisnya 55 km dari bibir pantai Azerbaijan, berdiri sebuah kota apung Namanya Neft Daslari. Semua bangunan kota ini ada di atas pulau bikinan yang sekalian jadi kilang minyak paling besar di Azerbaijan.

Bahkan juga, menurut Guiness Book of World Records, Neft Daslari atau yang dikenali dengan Oil Rocks sebagai kota di atas kilang minyak paling tua di dunia.

Hal itu tidak terlepas dari Azerbaijan yang sejauh ini memang dikenali sebagai negara yang kaya sumber daya minyak. Bahkan juga di awal era ketiga dan keempat, diketemukan bukti jika di situ telah ada pengeboran minyak bumi dan perdagangan sumber daya alam itu.

Dikutip Amusing Planet, pengeboran kekinian diawali seputar tahun 1870, sesudah Rusia mengalahkan daerah itu. Di awal Perang Dunia I, sumur minyak Azerbaijan telah menyuplai 175 juta barel minyak /tahun atau seputar 75 % dari produksi minyak di semua negara itu.

Kecuali jadi kilang minyak paling besar, kota ini mempunyai dasar yang termasuk unik. Semua jaringan basis minyak dan beberapa pulau bikinan ini sama-sama tersambung lewat jembatan trestle sepanjang 300 km.

Bahkan juga, salah satunya fondasinya ialah tujuh kapal yang terbenam, terhitung salah satunya tanker minyak pertama di dunia. Sepanjang beberapa dasawarsa, di situ ada 2.000 basis pengeboran paling besar.

Saat basis ini terbentuk, karyawan mulai membuat pertokoan, perumahan, lapangan sepak bola, perpustakaan, restaurant, dan bioskop. Mereka bawa bibit tanaman dari darat untuk ditanamkan di atas pulau bikinan itu.

Waktu itu, ada seputar 5.000 orang tinggal di situ yang disebut karyawan dan keluarganya. Tetapi, seiring waktu berjalan, Neft Daslari mulai ditinggal, karena robohnya Uni Soviet dan penemuan kebun minyak baru pada tempat lain.

Kota Terunik di Dunia Miyakejima, Jepang

Pulau yang ada dalam teritori Taman nasional Fuji-Hakone-Izu ini sebagai sisi dari Kepulauan Izu dan ada 180 km dari pulau khusus Jepang, Honshu.

Pulau ini mempunyai sebuah gunung berapi aktif pada bagian tengahnya yang disebutkan Gunung Oyama. Gunung ini sudah meletus seringkali sejauh riwayat. Pada 14 Juli tahun 2000, gunung ini meletus dengan serangkaian letusan yang lumayan besar.

Karena keadaan yang makin kronis, 3.600 warga Pulau Miyake dievakuasi dari pulau itu untuk menghindar keracunan gas.

Gunung Oyama masih beraktivitas vulkanik dan gas beracun yang merembes dari beberapa dasar tanah. Pulau Miyake selanjutnya jadi pulau paling beracun di Jepang.

Tahun 2005, saat semua rutinitas Gunung Oyama sudah stop dan keadaan kembali konstan, masyarakat pulau Miyake dibolehkan pulang kembali, walau gas beracun seringkali memberikan ancaman.

Tetapi, mereka harus patuhi prosedur kesehatan yang diterapkan oleh pemerintahan di tempat.

Noiva Do Cordeiro, Brasil

Sebuah dusun di Noiva do Cordeiro yang berada di Belo Vale, Brasil, termasuk unik. Bagaimana tidak, bila dusun lain penghuninya bermacam, di dusun ini malah warganya semua wanita.

Dikutip National Post, kota ini ditempati 600 warga yang semua ialah wanita. Dusun terasing di seputar bukit-bukit Belo Vale, persisnya di negara sisi Minas Gerais, Brasil ini umumnya ditempati oleh beberapa wanita berumur 20 sampai 35 tahun.

Beberapa wanita di Noiva de Cordeiro benar ada yang telah menikah dan mempunyai keluarga, namun beberapa suami mereka harus bekerja jauh dari rumah dan cuman dibolehkan kembali diakhir minggu. Begitupun dengan tiap anak lelaki yang berumur di atas 18 tahun.

Walaupun begitu, beberapa warga di tempat juga berasa dusunnya jadi lebih baik. Salah satunya warga namanya Rosalee menjelaskan jika saat ada satu persoalan atau hal yang tidak sesuai dengan, mereka akan menuntaskan dengan wanita biasanya serta lebih menghindar perselisihan.

Sejumlah besar wanita di dusun ini bekerja di bagian pertanian. Noiva do Cordeiro diprediksi dibangun dengan seorang wanita namanya Maria Senhorinha de Lima yang dicap sebagai pezina sesudah tinggalkan seorang lelaki yang mau tak mau ia nikahi.

Slab City, Amerika Serikat Kota Terunik di Dunia

Banyak masyarakat AS kesusahan hadapi tingginya ongkos hidup di kota, hingga beberapa pilih berpindah ke daerah terasing yang sarananya benar-benar minim. Salah satunya wilayah itu ialah Slab City di gurun Sonora, California.

Slab City dikenali sebagai tempat seniman, pensiunan dan masyarakat miskin tinggal tetap semenjak tahun 1960-an. Dikutip bermacam sumber, berada di seputar Gurun Sonora, Slab City ditempati seputar 150 warga. Tidak ada pajak, ongkos sewa, atau ketentuan di kota ini.

Karena itu, kota ini kerap kali dikatakan sebagai tempat paling akhir di Amerika, di mana kebebasan dapat diperoleh dengan demikian gampang. Slab City yang dibuat seputar tahun 1960-an ini dahulunya sebagai pangkalan training tentara AS.

Seiring waktu berjalan, kota ini jadi rumah untuk golongan hippi, beberapa orang yang alami kesusahan keuangan, sampai mereka yang ingin rasakan kebebasan.

Tidak ada beberapa rumah warga tetap di Slab City seperti pada kota biasanya. Beberapa warga malah berada didalam sebuah mobil van, beberapa rumah semi tetap, bahkan juga gubuk yang dibikin demikian rupa seperti sebuah kamp.

Oleh karenanya, beberapa warga gantungkan hidupnya dari sarana-fasilitas umum paling dekat. Untuk air minum saja, mereka harus ke kota paling dekat seperti Niland, yang ada beberapa km jauhnya.

Kowloon Walled City, Hong Kong

Hong Kong sebagai tujuan rekreasi yang simpan banyak kekhasan. Diantaranya, Kowloon Walled City, tempat paling padat di bumi.

Mempunyai luas 2.600 mtr. persegi, Kowloon Walled City jadi rumah untuk minimal 55.000 jiwa dan memuat timbunan 350 bangunan. Rerata satu bangunan mempunyai 10 sampai 14 lantai dan diisi 10.700 rumah. Hal itu yang membuat teritori ini jadi tempat terpadat warga di dunia.

Banyak blok menara tinggi dan sempit di kota itu sama-sama berdempetan, dan membuat semua tempat terlihat seperti satu susunan. Bangunan itu dibuat tanpa terlibat seorang arsitek.

Walau ada beberapa puluh ribu orang yang menetap di wilayah ini, Kowloon Walled City cuman mempunyai 1 lift saja. Bahkan juga, untuk sampai di sejumlah daerah yang tertumpuk di belasan lantai ini, tukang pos harus memanjat dinding kota itu.

Kowloon Walled City dikenal juga sebagai daerah tanpa hukum yang banyak ditempati oleh turunan membajak laut dan kriminil kelas berat yang tidak dianggap oleh warga. Karena itu tidaklah aneh bila Kowloon Walled City dikenali sebagai surganya beberapa penjahat.

Lima barisan geng Triad sempat kuasai tempat itu sebagai tempat pemasaran narkoba. Di tahun 1933, beberapa bangunan teritori itu dihancurkan oleh Pemerintahan China supaya beberapa warga ilegal tidak kembali tempati wilayah itu.

Segi gelap Kowlood Walled City juga perlahan mulai usai. Sekarang, jalan Kowloon jadi teritori pusat belanja murah dan meriah yang harus didatangi pelancong yang bertandang ke Hong Kong.

Kota Terunik di Dunia Manshiyat Naser, Mesir

Manshiyat Naser ialah sebuah kota sampah yang ada di tepian Bukit Moqattam di daerah Kairo. Dikutip Culture Trip, teritori selebar 5,54 km persegi itu ditempati 262 ribu orang yang profesinya sebagai zabbaleen atau pemulung.

Warga di tempat manfaatkan sampah sisa warga Kairo untuk tetap bertahan hidup. Mereka kumpulkan sampah dari rumah ke rumah, mengantarnya pulang, lalu lakukan daur ulangi.

Di Manshiyat Naser, sampah dapat kamu dapatkan di mana saja.

Kecuali kotor dan kotor karena sarat dengan sampah, Manshiyat Naser alami kesusahan di infrastruktur, seperti aliran pembuangan, listrik, dan air.